วันอังคารที่ 14 มีนาคม พ.ศ. 2560

Outing Class HS Silver



Kemarin, untuk pertama kalinya saya dan teman-teman pergi ke sebuah tempat kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Kotagede merupakan salah satu tempat yang terkenal tentang kerajinan dan aksesoris perak.


Perak kerawang merupakan produk dengan bahan benang perak tipis, dengan penuh kesabaran dibuat menjadi miniatur-miniatur atau pola-pola yang rumit dan mudah pecah, sedangkan perak padat dibuat dari batangan perak setelah dicairkan dan dibentuk sedemikian rupa untuk dibuat jadi barang perak, miniatur-miniatur dan barang-barang lain yang diinginkan.

Peralatan adalah kowi (mangkok peleburan, kompor peleburan, tang pelipat,
mesin press, sikat besi, draw plate, kertas pols.

Bahan-bahan adalah perak murni (99.9% biji perak), serbuk perak, alumunium sulfat, buah lerak, jabung bubukan batu merah, malam lilin, minyak kelapa.

Cara membuat tahap pertama mengerjakan kerajinan perak adalah mencampurkan perak dengan tembaga. Kemudian tuangkan logam-logam itu ke dalam kowi dan meletakkannya di atas kompor peleburan sampai mendidih dan tercampur ke dalam cetakan untuk membuat batangan perak.

Selanjutnya ada 2 jenis batangan perak, yaitu batangan silinder dan batangan besar dalam bentuk persegi. Ukurannya kira-kira 1 cm. garis tengahnya dan 15 cm. panjangnya untuk silinder dan 2 cm. tebalnya, 15 cm. panjangnya dan 4 cm. lebarnya untuk batangan besar.


Setelah kita dapatkan batangan-batangan yang tetap, kita membuat pola yang kita inginkan



Setelah masuk ke tempat yang mereka sedang membuat, baru saya tahu kenapa harga kerajinan perak mahal karena biji perak harganya memang mahal. Lalu proses pembuatan dari perak mantah berupa biji kecil-kecil memang rumit dan memakan waktu lama.



Harga jual kerajinan perak disini bervariasi tergantung besar kecil, ada bermacam-macam produk seni perak yang hasilkan tangan telaten warga Kotagede ini, seperti cincin, giwang, dan berbagai macam miniatur becak, kapal, andhong sampai hewan.



Pusat kerajinan tangan perak Kotagede juga sering di sebut sebagai Jewellery Jogja. Terus disini sebagai tempat beli oleh-oleh dibuat dari perak. Selain itu juga ada batu akik.


Yang terakhir dari kunjungan ke tempat ini, saya mendapat banyak ilmu dan kesulitan kerajinan perak, sebelum jadi sampai sudah menjadi bentuk dan aksesoris.



ไม่มีความคิดเห็น:

แสดงความคิดเห็น